Apa itu CSR? Ya mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Beberapa tahun belakangan ini kata "CSR" semakin sering terdengar ditelinga masyarakat Indonesia, khususnya untuk para pelajar, mahasiswa, dan tentunya juga pelaku bisnis. CSR adalah kepanjangan dari Corporate Social Responsibility yang artinya tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar tempat perusahaan tersebut berdiri. Untuk lebih jelasnya mari simak bersama pembahasan mengenai apa itu CSR dan seperti apa contoh konkritnya dimasyarakat sekitar.
Salah satu bentuk CSR yang dilakukan oleh PT Telkom
Source : http://www.flickr.com/photos/25123047@N07/8674576953/
Pengertian dan Definisi CSR Secara Umum
Menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia, CSR merupakan sebuah tanggung jawab perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan dalam perusahaan tersebut seperti karyawan, pemegang saham, konsumen, komunitas, masyarakat dan lingkungan sekitar. Kebijakan CSR ini didasari atas keinginan perusahaan untuk melakukan pembangunan perusahaan secara berkelanjutan yang tidak hanya bertujuan meningkatkan ekonomi perusahaan (profit, deviden, dll) tetapi juga bisa berdampak positif untuk kehidupan sosial dan lingkungan sekitar dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.
Senada dengan apa yang dituliskan Wikipedia, Investopedia juga mengartikan CSR sebagai kebijakan perusahaan untuk memberikan tanggung jawabnya kepada lingkungan sekitar dan kesejahteraan masyarakatnya. Istilah ini umumnya diartikan sebagai usaha perusahaan untuk memenuhi persyaratan dan regulasi terhadap dampak sosial dan lingkungan. Dana yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiayai program-program CSR memang tidak langsung memberikan keuntungan akan tetapi hal ini dapat meningkatkan citra positif perusahaan dimasyarakat dan lingkungan sekitar.
Contoh Penerapan CSR di Indonesia
Sebagai perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia, Pertamina seringkali membuat program-program CSR yang tentunya pro terhadap masyarakat dan lingkungan. CSR yang dilaksanakan oleh Pertamina ini ada yang bersifat lokal (daerah) dan ada juga yang bersifat nasional, menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Seperti yang tertulis dalam situs resminya, CSR Pertamina antara lain meliputi pengembangan masyarakat untuk meningkatkan kemandirian, meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan, dan juga pengembangan potensi masyarakat (kewirausahaan, dll).
Salah satu perusahaan swasta yang memiliki reputasi CSR baik di Indonesia adalah Unilever. Unilever dikenal dengan layanan CSR yang luas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Empat pilar CSR Unilever antara lain lingkungan, nutrisi, higiene, dan juga pertanian. Program-program CSR Unilever yang sudah dikenal luas dimasyarakat antara sosialisasi mencuci tangan dengan menggunakan sabun, program edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut, kampanye mencintai kuliner-kuliner asli Indonesia, dan juga memerangi kelaparan dan gizi buruk yang menhantui masyarakat kurang mampu.
Selain dua perusahaan diatas, ada juga BUMN yang senantiasa aktif dalam menjalankan kegiatan CSRnya, yaitu Telkom. Sebagai perusahaan telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia tentu Telkom mempunyai strategi CSR tersendiri yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Telkom senantiasa mempublikasi kegiatan CSR yang dilaksanakan melalui halaman Berita CSR diwebsite resmi Telkom. Umumnya CRS yang dilaksanakan Telkom lebih mengarah kepada dunia pendidikan, lingkungan dan pemberdayaan potensi masyarakat khususnya disekitar pedesaan dan pesisir.
Dari pembahasan diatas, setidaknya kita bisa tahu apa itu CSR dan contoh nyata kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan-perusahaan. Semoga hal tersebut bukanlah hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi juga memberikan dampak yang positif kepada lingkungan dan masyarakat sekitar serta membuat perubahan positif.
Salah satu perusahaan swasta yang memiliki reputasi CSR baik di Indonesia adalah Unilever. Unilever dikenal dengan layanan CSR yang luas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Empat pilar CSR Unilever antara lain lingkungan, nutrisi, higiene, dan juga pertanian. Program-program CSR Unilever yang sudah dikenal luas dimasyarakat antara sosialisasi mencuci tangan dengan menggunakan sabun, program edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut, kampanye mencintai kuliner-kuliner asli Indonesia, dan juga memerangi kelaparan dan gizi buruk yang menhantui masyarakat kurang mampu.
Selain dua perusahaan diatas, ada juga BUMN yang senantiasa aktif dalam menjalankan kegiatan CSRnya, yaitu Telkom. Sebagai perusahaan telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia tentu Telkom mempunyai strategi CSR tersendiri yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Telkom senantiasa mempublikasi kegiatan CSR yang dilaksanakan melalui halaman Berita CSR diwebsite resmi Telkom. Umumnya CRS yang dilaksanakan Telkom lebih mengarah kepada dunia pendidikan, lingkungan dan pemberdayaan potensi masyarakat khususnya disekitar pedesaan dan pesisir.
Dari pembahasan diatas, setidaknya kita bisa tahu apa itu CSR dan contoh nyata kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan-perusahaan. Semoga hal tersebut bukanlah hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi juga memberikan dampak yang positif kepada lingkungan dan masyarakat sekitar serta membuat perubahan positif.
bagus
BalasHapusbagus
BalasHapusmantap.. saya jadi lebih paham tentang CSR..
BalasHapushttp://bit.ly/2b9FBGb
terima kasih, saya jadi lebih paham baca artikel yang ini.
BalasHapusterima kasih, saya jadi paham dan mengerti apa itu CSR.
BalasHapusKnapa di wilayah kami belum ada yg menjalankan perusahaan di wilayah puloampel..bojonegara ini yg di kirim hanya debu aja .! Ada apa dgn pejabat pemerintahannya.....?
BalasHapusMaaf ada yg punya contoh propsal CSR nya???
BalasHapusTerimakasih setelah baca apa itu CSR
BalasHapussaya lbh paham
Oh gitu ya..
BalasHapusMantap sangat membantu dananya CSR, gmn prosedur mengajukan dana CSR ya? Kebutulan kita bergerak di Asosiasi Teknik Konstruksi membutuhkan sekali dana CSR untuk membina yang profesinya di Bidang Teknik baik yang masih aktip di dunia pendidikan maupun yang sudah lulus supaya bina supaya bisa meningkatkan daya saing di dunia kerja konstruksi, tks
BalasHapusBagus, dan jika ada bantuan tsb untuk membuat Taman kota atau taman wisata,lebih baik perusahaan tsb langsung merancang dgn Nursery atau Landscape didaerah masing masing.
BalasHapusTerimakasih.
Terimakasih atas informasinya untuk pemahaman tentang dana CSR
BalasHapusCSR sangat membantu yang pasti jangan di salah gunakan
BalasHapusmdh2an program CSR bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya & mdh2an para pengusaha bisa menjalankan nya
BalasHapusAssalamu'alaikum adakah yg mau bantu sekolah smk saya lewat CSR
BalasHapus